-->

SERBA - SERBI TENTANG AKI ( ACCU )

Advertisemen
Aki atau disebut juga dengan akumulator, merupakan Salah satu pemegang peranan penting di kendaraan, sebut aja ada 3 SLI (Starting, Lighting, dan Ignition)

Contoh Aki

- Aki Mobil: 


- Aki Motor:

Ada juga aki Industri .. ini fungsinya buat sumber listrik alat – alat industri


- Aki Industri:

Nickel Cadmium Battery


NP Battery


Traction Battery




Cara Kerja : 
Secara umum, cara kerja aki adalah dengan reaksi kimia timbal (Pb) dengan asam sulfat (H2S04) aki memberikan aliran listrik jika dihubungkan dengan rangkaian luar misalnya, lampu, radio dan lain-lain. 

Aliran listrik ini terjadi karena reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua material aktif dari plat positif dan plat negatif. Pada saat pelepasan muatan listrik terus menerus, elektrolit akan bertambah encer dan reaksi kimia akan terus berlangsung sampai seluruh bahan aktif pada permukaan plat positif dan negatif berubah menjadi timbal sulfat. 

Jika Aki tidak dapat lagi memberi aliran listrik pada voltage tertentu, maka aki tersebut dalam keadaan lemah arus (soak).

Nah kalo aki udah soak, berarti harus diganti gan, ato bisa juga dengan disetrum ulang (dipancing) tapi menurut ane sih lebih baik diganti, karena takutnya sewaktu waktu kita lagi jalan jauh, tiba2 akinya mati


Pembagiannya berdasarkan Fungsinya: 

1. Main Power Battery --> Traction Battery (Forklift Electric, Golf Car);
2. Back Up Power Battery --> NP, UXL, UXH (UPS, Emergency Lights, Mager, Rectifier, dll) --> ini type yg VRLA Maintenace Free gan.
--> Ni-Cad, HS CS (fungsinya hampir sama gan tetapi buat High Rate gan) --> ini type yg Vented/Basah gan.
3. Starting/Cranking Battery --> YTX Battery (Khusus untuk Motor Besar seperti Ducatti, Harley Davidson, dan Jet Ski gan)


Cara merawat aki klik disini
Advertisemen