-->

Dengan Aki Motor Bisa Menyalakan Mobil !!!

Advertisemen
Aki motor kan kecil ya, tapi ternyata ada loh yang bisa buat nyalain mobil kayak nge-jumper gitu . Cuma gak semuanya bisa ada ketentuannya gitu deh...



Di sistem kelistrikan kendaraan, aki punya tugas nyuplai tenaga listrik buat nyalain motor starter. Energi yang dibutuhkan yaitu arus dan voltase, angkanya berbeda-beda tergantung kendaraan.

Kemampuan aki biasanya ditentukan satuan Ah (ampere hour) atau lebih spesifik lagi CCA (Cold Cranking Amps). Sayangnya, spesifikasi tertulis CCA tidak selalu bisa dijumpai pada aki yang ada di dalam negeri.

Nah, buat nyalain motor starter mobil pada umumnya membutuhkan spesifikasi 30 Ah (12 Volt). Sementara itu, aki motor yang beredar di pasaran punya kemampuan 3,5 – 6 Ah.



Sekarang ternyata udah banyak produk aftermarket di pasaran yang punya kemampuan menyalakan mobil. Walaupun angka Ah sama seperti aki motor pada umumnya, aki aftermarket ini punya angka CCA yang tinggi. Semakin tinggi CCA maka kemampuannya untuk menyalakan mobil semakin besar.

Selain buat menyalakan mesin saat dingin, CCA juga menentukan hal lain, yaitu kemampuannya menyalakan motor starter lebih besar. Misalnya, aki motor dengan CCA tinggi bisa dipakai menyalakan mesin mobil.

Note :
Bisa juga Jumper mobil dengan motor sambil mesin motor dinyalakan dengan kabel jumperan yang sesuai.
it's work. Efek samping bagi motor belum diketahui,,cari tau sendiri ya,,wkwk

Sumber www.otomania.com
Advertisemen