-->

Timor SOHC Karburator Susah Nyala Saat Mesin Dingin Dipagi Hari

Advertisemen
Hasil gambar untuk karburator timor
Pada saat penyalaan awal mesin, terkadang mesin susah dihidupkan.
Pastikan bahwa pengapian bagus dan aliran bahan bakar juga bagus.
Jika semua sudah memenuhi syarat namun mesin belum juga bisa hidup,
cek seberapa besar bukaan katup chooke, dengan cara membuka tutup filter udara.
Akan terlihat ada dua buah ruang bakar yang satu tanpa pintu dan yang satunya lagi ada pintunya. Ruang bakar yang ada pintunya ( chooke ) adalah untuk putaran mesin yang rendah, termasuk RPM warming up / pemanasan awal. Sedangkan ruang bakar yang tanpa pintu adalah untuk RPM yang tinggi diatas 2000 rpm. Pada kondisi dingin terkadang posisi chooke tertutup penuh tanpa celah. Hal inilah yang menyebabkan mesin susah hidup pada star awal / warming up. Buka sedikit katup chooke ini dengan cara memutar baut pengatur yang ada di bawah sensor pengatur chooke. Putarlah ke kanan untuk membuka chooke sambil perhatikan seberapa besar celah bukaan yang kita inginkan. Idealnya adalah 3 mm.
Setelah terbuka 3mm , coba nyalakan mesin. Perhatikan RPM mesin pada saat warming up ini. Jika RPM terlalu rendah mesin akan mati mati terus. Untuk itu naikkan RPM warming up sebesar 1000 rpm, dengan cara memutar baut pengatur warming up ke arah kanan sambil perhatikan RPM mesin dan mesin posisi on.
Tidak usah kawatir akan terjadi pemborosan bensin karena RPM warming up yang terlalu tinggi ini, berarti Autochooke berfungsi dengan baik, sebab RPM warming up ini akan turun secara otomatis jika mesin sudah pada kondisi suhu kerja mesin tercapai.
Advertisemen