-->

Beberapa Sumber Kerusakan Pada Sistem AC Mobil

Advertisemen
Beberapa Sumber Kerusakan AC
Deteksi Salah Ketika  Dingin Melemah

1. Kompresor
Hasil gambar untuk kompresor ac mobil
Letaknya di ruang mesin. Perangkat ini berfungsi untuk menekan dan menyalurkan cairan freon ke kondensor. Bisa juga dikatakan sebagai pompa dalam sistem sirkulasi AC mobil. Gejala kerusakannya, jika AC diaktifkan, akan muncul suara ngorok. Jika ini terjadi, kemungkinan oli kompresor kurang, seal bocor, atau kopling magnetnya lemah. Lakukanlah servis di bengkel AC mobil. Namun bila sudah terlalu parah, terpaksa harus diganti.

2. Kondensor
Hasil gambar untuk Kondensor ac mobil
Letaknya di depan mobil, di balik gril. Bentuknya mirip radiator dengan pipa-pipa pipih di dalamnya. Tugasnya mengubah freon menjadi cairan yang bertekanan dan bertemperatur tinggi. Bila perangkat bocor ringan, masih bisa diservice dengan cara dilas aluminium. Komponen ini harus bebas dari kotoran, seperti daun atau lumpur.

3. Evaporator
Hasil gambar untuk Kondensor ac mobil
Letaknya di balik dasbor. Disinilah proses pendinginan freon terjadi. Sistemnya kebalikan dari kondensor, yaitu mengubah cairan freon menjadi gas dingin. Komponen yang berbentuk seperti sarang lebah ini ditiup oleh blower, hingga hawa dingin keluar lewat kisi-kisi AC. Kebocoran biasanya akibat dari kotoran yang menumpuk sehingga menyebabkan korosi. Bila tidak terlalu parah, masih bisa ditambal dengan cara dilas aluminium.

4. Drier
Hasil gambar untuk dryer ac mobil
Berada di ruang mesin. Berbentuk tabung, fungsinya untuk tempat penyimpanan sementara freon yang dicairkan oleh kondensor. Selanjutnya freon akan disuplai masuk ke evaporator. Selain itu, dipakai juga sebagai penyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC. Bila perangkat ini rusak, maka suhu AC tidak bisa stabil. Soalnya tersumbat oleh timbunan ampas kotoran yang terbawa dari kondensor. Drier tidak bisa dibersihkan, harus ganti baru.

5. Katup Ekspansi
Hasil gambar untuk Katup Ekspansi ac mobil
Letaknya menempel pada evaporator. Berfungsi untuk menyemprotkan freon dengan temperatur dan tekanan rendah. Cairan freon pendingin ini berasal dari drier, sehingga sudah cukup bersih. Namun jika drier rusak, kotoran ikut tersalur. Hasilnya, katup ekspansi akan rusak dan bisa mengotori evaporator.

6. Thermostat
Hasil gambar untuk Thermostat ac mobil
Letaknya menempel pada evaporator. Perangkat ini berfungsi untuk menyalurkan listrik ke kompresor secara otomatis. Sensornya akan mendeteksi suhu di evaporator sesuai setelan. Jika rusak, evaporator bisa beku akibat thermostat tidak memutus arus. Tandanya, keluar asap dari kisi AC disertai tetesan embun di rumah evaporator.
Advertisemen